Mulai berwirausaha dari nol? Kenapa tidak??

Membangun dan memiliki sebuah usaha merupakan suatu hal yang banyak di inginkan oleh sebagian orang. Namun semua itu tidaklah mudah, sehingga banyak dari mereka yang mengeluh disebabkan oleh banyak faktor seperti masalah modal, jenis usaha yang cocok untuk ditekuni, terhambat sama kuliah dan lain-lain.

Terserah apa kendala yang dihadapi ketika ingin membuat usaha dari nol atau cara mendapatkan modal dari mana, namun ketika seseorang hendak berwirausaha dan dia telah memulai usahanya dari nol, ada beberapa hal penting yang bisa dijadikan acuan demi keberlansungan usaha tersebut:
1. Ketika menerima keuntungan walaupun kecil, maka sisakan bagian dari keuntungan itu untuk investasi menambah modal. Sehingga usaha yang dirintis tidak jalan pada tempatnya dan bisa terus berkembang.
2. Lebih kretif dalam menjalankan usaha. Hal ini dapat dilakukan bertujuan untuk membuat orang tertarik. Misal dengan membuat kemasan produk semenarik mungkin atau tempat usaha yang menarik. Tidak bisa dipungkiri, ketika seseorang melihat sebuah roti yang dibungkus dengan cara yang menarik tentu ada saja orang yang tertarik untuk mencoba roti tersebut dan penasaran dengan roti tersebut ( walaupun mungkin rasanya gimana gitu??)
3. Membuat proposal dan master plan dari usaha yang digeluti walaupun kecil atau sederhana. Sehingga usaha tersebut bisa terus berkembang dan tidak jalan pada tempatnya. Dan proposal tersebut bisa dipakai untuk mencari modal usaha. Mungkin teman, pelanggan atau yang lain sebagai sumber permodalan yang bukan dari lembaga keuangan. -Hal ini penting, karena tidak semua permodalan dapat diperoleh dari perbankan bila kita akan memulai usaha. Ada juga orang yang memulai usahanya dengan modal dari orang lain, bisa dengan pola bagi hasil atau kerja sama dalam bentuk lain.
4. Tetap jaga kebersihan, kerapian, dan kenyamanan (tempat, tampilan penjual atau kemasan. Karena hal ini sering diabaikan oleh orang lain. Tapi dengan menjaga kerapian, kebersihan dan kenyamanan tentu ketika melihat usaha anda pembeli tentu bisa lebih tertarik dan yakin ketika hendak membeli.
5. Yang pasti setiap pengusaha yang telah sukses ditanya apa kunci kesuksesannya maka banyak dari mereka menjawab yaitu “kesungguhan dan pengorbanan”. Ya memang demikianlah resiko usaha dari nol. Memang butuh kesungguhan dan pengorbanan yang lebih.

Terakhir ada kisah seoarang pengusaha yang memulai usahanya dari nol, cuma dari penjual rokok dipinggir jalan dan modalnya pun dapinjamin orang dan sekarang dia telah sukses dan memiliki banyak usaha. Bahkan sekarang dia memiliki banyak toko di Tanah Abang dan sudah memiliki sebuah pondok pesantren dengan investasi miliyaran lebih. Ketika dia menceritakan kesuksesannya kepada saya, dia berkata :

” Kaliopun enak dan rendang juga lebih enak”.

(dalam bahasa Minang ). Ternyata dibalik kata-kata tersebut ada beberapa pelajaran yang dapat kita ambil, yaitu: memiliki target yang jelas (disini membuat rendang), jangan cepat puas (walaupun kalio enak, namun tujuan adalah membuat rendang), utamakan untuk investasi untuk modal daripada membeli ini itu yang tidak perlu ketika memiliki untung( karena ketika mendapatkan kalio, dia sudah bisa mengambil sebagiannya untuk dimakan dan rasanya juga enak, namun dia tetap biarkan untuk modal membuat rendang), butuh waktu yang lama dan pengobanan yang lebih (karena untuk membuat rendang butuh waktu yang lebih lama dari pada membuat kalio dan usaha yang lebih untuk mengaduk-ngaduk selama membuat rendang tersebut).

Moga kita bisa mengambil pelajaran….

Artikel: gunawananeva.wordpress.com

    • Saiful Basri
    • Maret 22nd, 2013

    Thanks

    • hN
    • Desember 8th, 2010

    oke bgt..

    • hN
    • Desember 8th, 2010

    oke juga..tank’s ya..

    • wahyu am
    • Oktober 7th, 2009

    rendang nya enak😀

    nice post gan😉

      • gunawananeva
      • Oktober 7th, 2009

      yup bener..
      thanks gan..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: