Siapa bilang MLM itu haram??

 


Ditengah kelesuan dan keterpurukan ekonomi nasional, datanglah sebuah sistem bisnis yang banyak menjanjikan dan keberhasilan serta menawarkan kekayaan dalam waktu singkat. Sistem ini kemudian dikenal dengan istilah Multi Level Marketing (MLM) atau Networking Marketing. Banyak orang yang bergabung kedalamnya, baik dari kalangan orang-orang awam ataupun dari kalangan penuntut ilmu, bahkan dari berita yang sampai kepada kami ada sebagian pondok pesantren yang mengembangkan sistem ini untuk pengembangan usaha pesantren.

Pertanyaan yang kemudian muncul, apakah bisnis dengan model semacam ini diperbolehkan secara syar’i ataukah tidak ? Sebuah permasalahan yang tidak mudah untuk menjawabnya, karena ini adalah masalah aktual yang belum pernah disebutkan secara langsung dalam litelatur para ulama’ kita.

Namun alhadulillah Allah telah menyempurnakan syari’at islam ini untuk bisa menjawab semua permasalahan yang akan terjadi sampai besok hari kiamat dengan berbagai nash dan kaedah-kaedah umum tentang masalah bisnis dan ekonomi. Oleh karena itu dengan memohon petunjuk pada Allah, semoga Allah mencurahkan cahaya kebenaran- Nya dan menjauhkan kita dari segala tipu daya syaithan.

Bagaimanakah hukum MLM menurut timbangan agama??
Sebelum kita berkata-kata dalam masalah agama tanpa ada ilmu, marilah kita membaca tulisan dibawah ini.

Silahkan download link dibawah ini:

  1. http://www.ziddu.com/download/7569721/Hukum-Syar-i-Bisnis-Multi-Level-Marketing-MLM.pdf.html
  2. http://www.ziddu.com/download/7569722/MLM-HafidzAbdurrahman.doc.html
  3. http://www.ziddu.com/download/7569723/MLM.pdf.html
  4. http://www.ziddu.com/download/7569572/HkumbsnisMLM.mp3.html

Moga bermanfaat..

    • akhi
    • Desember 2nd, 2009

    Temen – temen saya, nanyain ke saya. disuruh nyariin jawabannya….. hehehe… jazakallah khair, kalau antum tau jawabannya. mhon di jawab ya….

      • goen
      • Desember 2nd, 2009

      wa’alaikumussalam

      Sebelumnya saya sarankan antum untuk membaca tulisan-tulisan diatas, sehingga antum bisa lebih mengerti. Adapun perihal yang antum tanyakan tentang haji itu, maka spt itu sama dgn bisnis MLM, sistem piramid. Dalamnya ada unsur ghoror atau ketidakjelasan. Jika ada unsur ghoror, maka jual beli spt ini jelas-jelas terlarang. Jadi sebaiknya tidak mengikuti iuran haji semacam itu. Cukupkanlah dengan rizki yang halal dan bersabarlah. Demikian.

    • akhi
    • Desember 2nd, 2009

    assalamu’alaikum

    kemaren, saya baru dapet brosur mengenai cara untuk naik haji. Dengan bayaran awal 2,8 juta, katanya kita bisa naik haji. sistemnya sama seperti MLM, kita harus nyari orang trus dapet poin. setelah dapet poin 200, kita bisa naik haji. Apakah cara seperti itu boleh? sampe sekarang, saya bertanya2. tapi bingung mau ditanyain ke siapa.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: